Penyusunan peta jalan (roadmap) penelitian Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) ini dimaksudkan untuk memberikan panduan yang jelas dan sistematis kepada para dosen dan mahasiswa dalam melaksanakan proyek penelitian.Secara lebih spesifik, tujuan penyusunan peta jalan penelitian Program Studi PAI adalah untuk: (1) memperjelas tujuan dan fokus penelitian; (2) menjelaskan metode dan teknik yang akan digunakan dalam melaksanakan penelitian; (3) Mengidentifikasi sumber daya yang diperlukan untuk menyelesaikan proyek penelitian; (4) memberikan batasan dan parameter yang jelas untuk penelitian; (5) membantu menghindari kemungkinan kesalahan dalam perencanaan dan pelaksanaan proyek penelitian; (6) memberikan kerangka waktu yang jelas dan realistis untuk menyelesaikan proyek penelitian; dan (7) memfasilitasi komunikasi yang efektif antara para peneliti.
Bidang kajian penelitian Program Studi Pendidikan Agama Islam dapat dikategorikan ke dalam delapan tema besar yang masing-masing terdiri atas beberapa subtema sebagai berikut.
1. Kurikulum dan Materi PAI
- Desain kurikulum PAI
- Implementasi kurikulum PAI
- Evaluasi kurikulum PAI
- Pembaruan kurikulum PAI
- Pengembangan materi Al-Qur’an hadis
- Pengembangan materi akidah akhlak
- Pengembangan materi fikih
- Pengembangan materi sejarah kebudayaan Islam
2. Metodologi Pembelajaran PAI
- Desain pembelajaran PAI
- Model pembelajaran PAI
- Pendekatan pembelajaran PAI
- Strategi pembelajaran PAI
- Metode pembelajaran PAI
- Teknik pembelajaran PAI
3. Sumber dan Media Pembelajaran PAI
- Teori dan model pengembangan sumber pembelajaran PAI
- Desain sumber pembelajaran PAI
- Sumber pembelajaran PAI berbasis TIK
- Manajemen sumber pembelajaran PAI
- Implementasi sumber pembelajaran PAI
- Inovasi sumber pembelajaran PAI
- Etika dan hukum sumber pembelajaran PAI
- Evaluasi sumber pembelajaran PAI
- Teori dan model pengembangan media pembelajaran PAI
- Desain media pembelajaran PAI
- Media pembelajaran PAI berbasis TIK
- Inovasi media pembelajaran PAI
- Etika dan keamanan media pembelajaran PAI
- Evaluasi media pembelajaran PAI
4. Lingkungan Pembelajaran PAI
- Teori dan model pengembangan lingkungan pembelajaran PAI
- Desain ruang kelas PAI yang efektif
- Lingkungan pembelajaran PAI yang inklusif
- Strategi pengelolaan kelas PAI yang efektif
- Inovasi lingkungan pembelajaran PAI
- Evaluasi lingkungan pembelajaran PAI
5. Evaluasi Pembelajaran PAI
- Prinsip evaluasi pembelajaran PAI
- Desain evaluasi pembelajaran PAI
- Model evaluasi pembelajaran PAI
- Metode evaluasi pembelajaran PAI
- Instrumen evaluasi pembelajaran PAI
6. Profesionalitas Guru PAI
- Kompetensi guru PAI
- Pengembangan profesionalitas guru PAI
- Organisasi profesi guru PAI
- Kesejahteraan guru PAI
- Etika profesi guru PAI
7. PAI Berbasis Integrasi dan Studi Interdisipliner
- PAI dan psikologi
- PAI dan antropologi
- PAI dan sosiologi
- PAI dan sejarah
- PAI dan politik
- PAI dan ekonomi
- PAI dan komunikasi
- PAI dan teknologi
8. PAI Transformatif
- PAI berwawasan lingkungan
- PAI bagi disabilitas
- PAI berwawasan antikekerasan
- PAI berwawasan antikorupsi
- PAI dan harmoni sosial
- PAI berbasis multikultural
- PAI dan moderasi beragama
- PAI dan wawasan kebangsaan